Mengapa Apophis Membahayakan Bumi?

Apophis, asteroid yang disebut-sebut mematikan, saat ini melewati bumi lebih dari dengan jarak 9 juta mil (14,5 juta kilometer) dari planet kita. Namun pada 13 April 2029, Apophis akan sangat dekat dan bahkan dapat menghancurkan satelit.

Badan Antariksa Eropa, Herschel, telah mendapatkan gambar dan data konklusif tentang asteroid terbaru itu. Ukuran Apophis lebih besar dari yang pernah diduga NASA. Berdasarkan gambar terbaru, batu ini memiliki diameter 325 meter, dengan margin eror ±15 meter.

Menurut ketua tim, Thomas Muller dari Max Plank Institute, bagian Fisika Estraterestrial di Garching Jerman, “Ukuran diameter tersebut 20% lebih besar dari ukuran sebelumnya, dari 270 meter menjadi 325 meter.”

Apa artinya jika asteroid itu menabrak bumi? Energi tersebut memiliki daya rusak lebih tinggi yang tak pernah diduga peneliti. Menurut data sebelumnya, NASA mengestimasi dampak Apophis sebesar 510 megaton. Energi tersebut dua kali lebih besar dari letusan Karakatau tahun 1883, sebuah bencana yang mengubah iklim dunia.

Di tahun 2029, kita akan selamat dari bahaya Apophis. Asteroid tidak akan menabrak bumi, kata ahli astronomi, tetapi “Asteroid akan lebih dekat 36.000 kilometer dari permukaan bumi”

Tidak ada yang tahu persis jika tabrakan satelit mungkin terjadi. Luar angkasa sangatlah besar, dan banyak satelit di sana. Cukup masuk akal jika ada beberapa satelit yang hilang ketika kita meliihat barisan Apophis di malam hari.

Sumber: http://goo.gl/SSw0u

Posted from Christcoholic’s Blog

One response

Leave a comment